Mas Doyok!

Mas Doyok!

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita

Mas Doyok!


Menghidupkan Postingan Lewat Komentar

Posted: 16 Sep 2011 08:47 PM PDT

Pertamaaaaax gan! Sudah berapa kali Anda melihat komentar seperti ini di blog Anda? Komentar seperti ini kadang memang membuat sebel penulis. Apalagi penulis yang mempunyai idealis tinggi, yang benar-benar memperhatikan setiap tulisannya. Satu postingan yang ia lahirkan itu bisa jadi telah melalui pertimbangan yang matang, untuk blog tutorial misalnya tentu telah melewati tahap ujicoba yang lumayan melelahkan. Saya sebagai salah satu admin blog tutorial sendiri tidak akan pernah melarang Anda berekspresi seperti itu, namun (mungkin mewakili juga benak teman teman penulis lain) saya sangat senang ketika komentar yang masuk menghidupkan postingan saya...

Apa saja bentuknya?
Pertanyaan
Pertanyaan sama sekali tidak menggangu. Justru dengan adanya pertanyaan itu, penulis bisa tahu kekurangan dalam artikel. Mungkin penyampaian yang kurang jelas atau malah ada code yang salah ketik. Pertanyaan-pertanyaan yang bagus bisa menjadi rujukan juga bagi pembaca lain yang mengalami problem serupa. Timbal baliknya, adalah penulis mau segera membalas setiap pertanyaan yang ada agar pembaca tidak terlalu lama menunggu.

Opini
Opini yang berbeda akan membuat tuliusan lebih berimbang. Sah-sah saja Anda mempunyai pendapat yang berbeda dengan penulis dan alangkah sangat baik jika Anda mau menulisnya dalam komentar. Yang perlu diingat adalah untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan. Pendapat yang berebda ini juga akan memberikan rujukan dan pertimbangan bagi pembaca lain sebelum mereka benar-benar mempercayai artikel yang ada. Bahkan kritik sekalipun akan sangat baik untuk bisa menghidupkan suatu postingan.

Membantu Menjawab
Sebagai blogger yang baik Anda akan mendapat nilai plus jika Anda bersedia membantu menjawab atas kebingungan para pembaca lain di kotak komentar. Sah-sah saja Anda meninggalkan link rujukan ke postingan Anda misalnya, jika memang jawaban itu ada di postingan Anda.

Selain itu, ucapan terima kasih atau support juga menjadi bagian penting yang akan menambah semangat seorang penulis untuk tetap terus meng-update blognya. Yang terpenting adalah, untuk bisa memberikan komentar yang berkualitas dan menghidupkan postingan, Anda harus benar-benar membaca artikelnya terlebih dahulu... Untuk penulis sendiri, sebaiknya sesegera mungkin menjawab setiap komentar yang ada... Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar