Memasang Thread / Reply Comments Blogger di Custom Template - THEMASDOYOK.COM

Memasang Thread / Reply Comments Blogger di Custom Template - THEMASDOYOK.COM

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita

Memasang Thread / Reply Comments Blogger di Custom Template - THEMASDOYOK.COM


Memasang Thread / Reply Comments Blogger di Custom Template

Posted: 12 Jan 2012 02:10 AM PST

Kita tahu berita terbaru dari blogger soal fitur thread comments mereka (baca: Thread Comments Support di Blogger). Namun, kemudian muncul berbagai pertanyaan dan kebingungan karena thread atau reply comments ini tidak muncul di blog Anda. Seperti kasus tombol share bawaan blogger beberapa waktu lali, kali ini kitapun membutuhkan sedikit penyesuaian pada HTML template kustom. Hari ini saya kembali ke dunia blogging, dua posting datang untuk membantu Anda...

- Login Blogger
- Pilih menu Template -> Edit HTML

- Akan ada peringatan bahwa ini hanya dipergunakan blogger tingkat lanjut. Kalau ngerasa udah lulus SD, klik Lanjutkan :D
- Centang Expand Template Widget
- Cari kode berikut ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><b:include data='post' name='comments'/></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:include data='post' name='comments'/></b:if>
akan ditemukan dua kode seperti ini, dan kedua-duanya ganti dengan:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><b:if cond='data:post.showThreadedComments'><b:include data='post' name='threaded_comments'/><b:else/><b:include data='post' name='comments'/></b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:if cond='data:post.showThreadedComments'><b:include data='post' name='threaded_comments'/><b:else/><b:include data='post' name='comments'/></b:if></b:if>

- Catatan: sekedar memudahkan, letak dua kode pertama ada di bagian bawah <div class='post-footer-line post-footer-line-2'> berjarak beberapa baris kode,  dan letak kode kedua ada di bawah <div class='post-outer'><b:include data='post' name='post'/>. Gunakan keduanya untuk memudahkan Anda dalam mencari.
- Catatan lagi: Untuk CSS sendiri sudah otomatis ditambahkan oleh Blogger. Anda bisa merubahnya sesuka hati Anda. Untuk memudahkan menemukannya silahkan perhatikan di bagian bawah kode ini: <b:includable id='threaded_comment_css'>. Bagi yang CSS nya belum otomatis ditambahkan oleh Blogger, silahkan backup template kemudian upload lagi.

Semoga bermanfaat, kapan-kapan saya akan datang lagi tentang bagaimana memodifikasi tampilan thread comments blogger ini.

Thread Comments - Reply Comments Support di Blogger

Posted: 11 Jan 2012 11:18 PM PST

Berita paling bagus hari ini untuk pengguna blogger. Pertama, tentu saja karena saya menulis lagi :D Dan yang kedua soal berita di buzz.blogger terbaru. Ya, kali ini thread comments atau komentar dengan reply sudah mulai dikenalkan di blogspot. Kita telah menunggunya lama, namun kegembiraan Anda belum akan terjawab tuntas hingga beberapa hari kedepan. Beberapa point penting.


- System Thread Comments ini belum diterapkan bebas di Custom Template, dan saat ini otomatis berlaku bagi tampilan dynamic views Anda (baca: Resmi, Dynamic Views Diperkenalkan)
- Agar reply/thread comments bekerja Anda harus ubah feed Anda menjadi penuh. Untuk mengaturnya silahkan pergi ke Settings - Other, pada Allow Blog Feed pilih Full.
 

- Pada pilihan tampilan komentar, pilih Embed. Untuk emgnaturnya silahkan pergi ke bagian Settings - Posts And Comments, pada Comment Location pilih Embedded.
- Sistem thread comments ini hanya memungkinkan kita membalas komentar utama. Seperti halnya facebook yang hanya terdiri dari satu anak tangga komentar. Jadi, suatu komentar balasan tidak akan bisa di reply lagi. 
- Template dari Blogger Template Dessigner support thread comments ini.
- Template mobile suppor thread comment ini. Sebenarnya meski Anda menggunakan template custom, maka thread comment ini sudah aktif. Coba Anda masukkan ?m=1 pada belakang URL postingan Anda. Halaman blog Anda akan ditampilkan secara sederhana gaya mobile dan thread comments ini bisa digunakan.

Tunggu artikel dari saya tentang modifikasi custom template dan thread comments ini. Yakin saja, Blogger akan segera membuat terobosan baru lagi... Blogging is Caring...

0 komentar:

Posting Komentar