Memasang Rating Bintang Rich Snippets - THEMASDOYOK.COM

Memasang Rating Bintang Rich Snippets - THEMASDOYOK.COM

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita

Memasang Rating Bintang Rich Snippets - THEMASDOYOK.COM


Memasang Rating Bintang Rich Snippets

Posted: 13 Jan 2012 04:44 PM PST

Tutorial Memasang Rating Bintang di Rich Snippets plus reviewer di Rich Snippets Google sudah banyak sekali beredar. Namun, banyak teman blogger yang mengirimi pesan kepada saya masih mengalami kesulitan menerapkan tutorial-tutorial itu.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa fungsinya? Dari sisi pemeringkatan saya belum menemukan perbedaan yang signifikan, jujur saya belum bisa berkesimpulan (bagi sahabat blogger sangat dibutuhkan masukannya). Di luar itu, ini menandakan Google telah memberikan akses yang lebih bebas dan lebih dalam kepada webmaster tools. Juga, paling tidak pengaturan ini akan membuat hasil cari blog kita di Google tampak lebih professional karena dilengkapi rating 'meski' kita buat sendiri :D.

Pertama, Harus Sudah Memiliki Akun Google+
Google+ menjadi salah satu bagian penting seorang blogger kini. Baca: Merubah Profil Blogger ke Google+

Menambah Tag Publisher
Jika sebelumnya, kita sudah menambah tag author seperti pada artikel: Verifikasi Penulis Suatu Postingan, kali ini kita akan menambahkan tag publisher. Hal yang tidak diperhatikan beberapa kawan blogger adalah tag publisher yang dobe dengan tag author. Google sendiri menyarankan tag publisher untuk homepage, dan tag author untuk halaman postingan. Silahkan tambahkan kode berikut ini di bawah <head>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/102276605407576860455' rel='publisher'/></b:if>

yang berwarna merah silahkan ganti dengan alamat profil Google+ Anda. Kemudian Simpan Template terlebih dahulu. Kemudian siahkan Anda Test di: Rich Snippets Testing Tools.
- Masukkan alamat homepage Anda, hasilnya adalah:

- Masukkan alamat postingan Anda, hasilnya adalah:

Jika sukses, mari lanjut ke step berikut...

Memasukkan Kode Rich Snippets
- Masukkan kode utama berikut ini setelah <body> (jangan lupa centang expand template widget)
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
kemudian tambahkan penutup berikut tepat sebelum </body>
</div></div>
Ilustrasinya:

<body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
-------------------------------------
-------------------------------------
</div></div>
</body>

Masukkan Kode Reviewer dan ItemReviewed
Anda hanya perlu menambahkan kode berikut ini di bawah tag postingan Anda:
Reviewer: <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>
ItemReviewed: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>
Letakkan kode tersebut setelah  <data:post.body/>


Masukkan Kode Star Rating dan Deskripsi
Untuk Star Rating lebih baik dimasukkan secara manual ke postingan, agar tiap postingan bintangnya lebih bervariatif. Untuk Deskripsi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah keyword.
Tambahkan kode berikut ini di bawah postingan Anda (dalam mode Edit HTML bukan Compose)
Description: <span itemprop="description">Deskripsi Anda Disini</span>
Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span>
Untuk mempermudahnya agar otomatis masuk ke editor postingan Anda, silahkan Anda tambahkan kode tersebut pada template postingan di Setelan -> Format kemudian scroll ke arah bawah. Masukkan pada bagian Post Template kemudian Simpan. Dengan cara ini, Anda hanya perlu rubah isi rating (antara 0.5 - 5) dan deskripsi artikel Anda (isi dengan keyword yang mendukung judul)

Untuk postingan lama, selamat bersedih karena Anda harus memasukkan semuanya manual juga satu persatu. Untuk hal seperti ini, pengguna blogger memang pantas iri dengan wordpress yang semuanya dimudahkan dengan plugins. Semoga bermanfaat...

NB: Pada alat perubahan akan langsung terasa, tapi tidak pada Google...

Article Information:
Description: Memasang Rating Star menambah kredibilitas hasil cari, Maksimalkan Rich Snippets Google

Tes Author Verification - Google Rich Snippet

Posted: 13 Jan 2012 03:49 PM PST

Tes Postingan Terverifikasi - Menyambung postingan sebelumnya soal Statistik Penulis di Webmaster Tools, yang berhubungan dengan penampilan author di hasil cari Google, kali ini kita bisa memanfaatkan tools di webmaster tools yang bernama Rich Snippets Testing Tools untuk mengetesnya.

Kita tak perlu menunggu lama agar postingan terverifikasi. Jika setting nya benar, maka otomatis artikel Anda akan lolos saat di tes tools tersebut dengan pesan:
Verified: Authorship markup is verified for this page
 
Sekarang, silahkan pergi ke alat webmaster di: Rich Snippets Testing Tools.

Ada beberapa kemungkinan jika postingan Anda tidak terverifikasi.
1. Pertama, silahkan terlebih dahulu terapkan artikel berikut: Statistik Penulis di Webmaster Tools
2. Jika masih gagal, beberapa problem bisa terjadi karena:
- Tag Author tidak nge-link ke profil Google + Anda. Perhatikan pada bagian tag author postingan Anda seperti berikut ini:
<span class='fn'><data:post.author/></span>
silahkan ganti dengan:
<span class='fn'><a href='alamatprofilgoogleplusAnda' rel='author'><data:post.author/></a></span>
- Penting untuk menambahkan situs ke profil Google Anda. Seperti pada artikel sebelumnya, setelah kita memasang link profil google di blog kita, kita juga perlu memasang link blog di halaman profil google kita. Jika tidak, maka akan ada pesan error:
Error: No link to the URL's parent site found. You must add this link to either the Other profiles or Contributor to section of your Google Profile
Jadi, pastikan Anda telah menambahkan situs Anda di profil Google Anda. Hal ini juga membantu ketika Google menemukan lebih dari satu URL google profil di halaman Anda.

Semoga bermanfaat...

More Information:
Alat untuk tes apakah author/penulis sudah diverifikasi oleh Google. Webmaster Tools - Google+ - Blogger

Statistik Penulis di Webmaster Tools, Verifikasi!

Posted: 13 Jan 2012 06:44 AM PST

Verifikasi Diri sebagai Penulis Postingan - Anda mungkin menemukan menu Statistik Penulis di Webmater Tools, namun Anda belum tahu fungsinya. Alat ini akan sangat berguna untuk monitoring tulisan-tulisan Anda di Google. Untuk menggunakannya, Anda perlu terlebih dahulu men-verifikasi diri Anda. Setelah terverifikasi, baru tulisan-tulisan dari Blog Anda diakui Google sebagai tulisan Anda. Kembali kali ini, Blog Anda akan berhubungan langsung dengan Google + (baca: Merubah Profil Blogger ke Google +)

Setelah terverifikasi, maka nama Anda akan muncul di Hasil Cari Google dan juga Google News (bagi contributor di Blog yang masuk Google News, alias penulis-penulis hebat). Tapi, meski belum mampu tembus Google News, sudah kebanggaan tersendiri ketika nama kita muncul di hasil cari Google. Dengan begitu jelas, artikel tersebut diakui Google memang tulisan kita.

Alternatif Pertama
1. Pastikan tag nama penulis Anda muncul di postingan Anda. Lebih manjur lagi jika Anda menyertakan Email Anda di postingan (untuk email, memang surat edaran google menyarankan seperti itu, tapi saya memilih tidak menyertakannya)

Tag nama penulis adalah keterangan penulis artikel pada suatu postingan. Bisa terletak di bagian atas artikel atau kaki artikel. Biasanya berdekatan dengan tanggal artikel. Jika Anda tidak menemukannya di blog Anda, silahkan aktifkan melalui:
- Tata Letak
- Klik link Edit pada bagian kanan bawah area postingan di tata letak.
- Muncul kotak dialog, silahkan centang penampilan author. Anda bisa memilih untuk menampilkan berbagai tombol lain seperti share buttons, post to email, quick edit dan lain-lain.

2. Tambahkan Email Anda ke Profil Google
- Sign in di Google+
- Pada bagian kanan atas klik tombol Edit Profil
- Sorot bagian Contributor To untuk mengedit bagian ini hingga berwarna biru muda kemudian klik. Silahkan tambahkan situs Anda di sana. Kemudian klik Save.
- Kemudian sorot bagian Work, hingga berwarna biru muda kemudian klik. Isikan Email Anda disana.
 
- Jika sudah, silahkan klik tombol di bagian atas, yakni Done Editing.
- Setelah selesai edit, perhatikan lagi pada bagian work. Jika Anda benar mengisikan email Anda, maka email Anda akan terlihat disana. Di sebelah kanan email, silahkan klik link Verify.
- Email verifikasi akan dikirmkan ke inbox Anda. Silahkan buka Email Anda.(Catatan: Kadangkala link verifikasi yang dikirim gagal di klik, cobalah Anda copy manual dan paste di Address Bar, kemudian Enter)

Alternatif Kedua
1. Tautkan Profil Google dari Postingan Anda
- Anda bisa menambahkannya dengan tombol otomatis untuk semua postingan dari Snippet of Code
- Atau bisa Anda tambahkan secara manual di postingan Anda dengan dilengkapi rel=author. Contoh:
<a href="linkprofilgoogleplusAnda" rel="author">Google</a>
 
2. Tautkan Postingan dari Profil Google Anda
Begitu juga sebaliknya, Anda harus menautkan situs Anda dari profil Google Anda. Caranya sama dengan alternatif pertama dengan menambahkan situs pada Contributor Box.

Semoga dengan cara seperti ini, kedepannya Google lebih cermat dalam menendang plagiator. Sharing is Caring....

-----------------------------------------------
Rujukan:
- Lembar Google Tentang Verifikasi Penulis Postingan
- Tes Hasil Kerja Anda di: Tes Verifikasi Penulis Suatu Postingan

Merubah Profil Blogger ke Google Plus

Posted: 12 Jan 2012 11:58 PM PST

Google terus berupaya membuat Google Plus (Baca: Gabung Google Plus Sekarang Juga) menarik bagi penggunanya. Mereka sadar bahwa dominasi facebook ataupun twitter tak mudah untuk dijegal. Sementara itu, kegagalan Google Wave merambah pasar umum menjadi pelajaran yang sangat berharga.

Pengguna Blogger menjadi salah satu target utama. Berbagai kemudahan ditawarkan, ditambah hubungan antara Google + dan Blogger dibuat semakin intim. Kini, Anda dapat dengan mudah menghubungkan blog Anda dengan profil Google + Anda. Jika profil Blogger Anda selama ini kurang dikenal (Baca: Mencari profil Blogger berdasar Kota), opsi ini menjadi sangat menarik...

Cara Kerja
- Profil Blogger Anda akan diubah ke profil Google +
- Gadget standart profil blog akan menampilkan informasi dari Google Plus, bukan lagi dari profil Blogger Anda.
- Pos dan Komentar Anda akan ditautkan ke profil Google +.
- Perubahan ini terjadi untuk semua blog Anda yang terdaftar dalam satu akun.
- Kini, ketika Anda berkomentar menggunakan akun Blogger, maka yang muncul adalah profil Anda di Google+. Ini menyebabkan semua komentar Anda sebelumnya yang menggunakan profil blogger Anda akan dianggap sebagai komentar biasa. Bagi pengguna komentar author berbeda warna, akan berdampak komentar lawas tersebut berwarna sama dengan komentar-komentar lain.

Catatan Penting
Setelah beralih ke profil Google +, Anda akan memiliki opsi kembali ke profil Blogger sampai batas waktu 30 hari. Jika lebih dari 30 hari tidak dikembalikan ke profil blogger, maka profil Blogger akan dihapus. Data pada profil blogger tidak dipindah secara otomatis ke Google + Anda. Untuk mempertahankannya, Anda harus memindahanya secara manual.


Langkah-langkah
- Login Blogger
- Pada tombol setting di kanan atas, pilih Terhubung ke Google+.


- Masuk ke halaman baru, centang persetujuan Anda menghubungkan Blog dengan Google+. Kemudian klik tombol Beralih Sekarang Juga.
- Pada bagian Kontributor Untuk, centang blog Anda. Kemudian klik tombol Tambahkan Blog.

Selamat! Anda sukses menggunakan profil Google + untuk blog Anda. Berbagai kemudahan Anda dapatkan... Termasuk tombol berbagi yang kini muncul di daftar post di dashboard Anda. Selain itu, setiap Anda mempublikasikan postingan Anda, akan muncul kotak dialog yang memungkinkan Anda dengan mudah berbagi artikel ke teman-teman Anda...

0 komentar:

Posting Komentar