Mas Doyok!

Mas Doyok!

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita

Mas Doyok!


TheMasDoyok Dapet Sitelink Kurang dari Seminggu

Posted: 29 Aug 2011 08:52 AM PDT

Google tampaknya semakin longgar, disamping juga semakin mudah 'menendang' situs dari hasil carinya. Apa yang dinamakan sitelink (taut situs) yang dulu pernah menjadi sesuatu yang benar-benar langka dan 'istimewa'  tampaknya kini menjadi semakin mudah di dapat. Masih ingat postingan saya berjudul: TheMasDoyok.Com Majalah Blogger, yang terbit hari Selasa lalu? Ya, itu postingan pertama saya setelah ganti template dan setelah meninggalkan blog cukup lama. Dan kurang dari seminggu setelah itu blog ini sudah mendapatkan sitelink. Saya hampir tak percaya, hm... tapi alhamdulillah...

Domain themasdoyok.com memang sudah saya beli sejak lama, namun belum pernah dioptimasi seperti didaftarkan ke Google atau mesin pencari lain sama sekali. Dan barulah mulai Selasa lalu ketika saya memutuskan kembali ngeblog optimasi dimulai lagi dari nol. Bahkan soal mendaftarkan diri di webmastertools Google dan Yahoo masih saya lakukan 3 hari yang lalu, apalagi Alexa yang baru saya daftarkan 2 hari ini.

Kita bisa menarik beberapa hal dari lahirnya sitelink themasdoyok ini:
1. Pergantian template tidak berpengaruh besar terhadap sitelink, asal struktur linknya tetap dipertahankan dengan baik (lebih lengkap baca: Gonta Ganti Template Buruk Untuk SEO?)
2. Adanya dua kriteria baru sitelink disamping popular page dan struktur link, yakni artikel terbaru dan artikel terkait (bisa kita lihat dari sitelink blog ini yang menampilkan artikel-artikel terbaru)

Karena hanya situs Anda yang relevan dengan keyword khusus tertentu, sudah pasti sitelink jadi milik Anda

Ada satu tips penting di akhir soal mendapatkan sitelink dengan cepat dari Google:
- Tugas Anda adalah membuat nama unik untuk blog Anda. Sekarang sitelink bukan hanya soal blog yang memiliki ribuan pengunjung, tapi lebih kepada blog dengan keyword khusus yang tidak memiliki banyak pesaing. Dengan keyword tertentu Google tidak akan bingung-bingung memberikan sitelink ke situs yang mana, dan karena hanya Anda yang relevan dengan satu keyword tertentu, sudah jelas sitelink menjadi milik Anda. Google akan kesulitan memberikan sitelink pada keyword 'blog' karena ada banyak situs yang kuat mengandung keyword itu, tapi lain halnya ketika Anda mengejar long tail keyword yang lebih khusus semisal: 'blog bobrok'.

Semoga bermanfaat, bahagia dengan sitelink yang saya dapat, semoga tulisan saya bisa dinikmati lebih banyak orang lagi...

Baca Juga: Demote Sitelink, Menghilangkan Sitelink Yang Tidak Diinginkan

Demote Sitelink - Menghilangkan Sitelink Yang Tidak Diinginkan

Posted: 28 Aug 2011 04:14 PM PDT

Menyambung postingan sebelumnya soal: Tampilan Baru Sitelink Google, mari kita bahas soal fitur baru webmaster tools yakni demote sitelink. Sejak malam muter-muter blogwalking di beberapa blog yang membahas tentang fitur baru ini, ternyata masih ada banyak hal yang ganjal. Di beberapa situs berbahasa Inggris hanya ada sedikit keterangan soal demote ini dan tidak lebih jelas dari FAQ Google. Sementara di blog berbahasa Indonesia malah terjadi beberapa kesalahan persepsi. Jadi... mari kita bahas lebih jauh...

Demote (berarti menurunkan) adalah fungsi yang sama dengan block di pengaturan sitelink yang lama pada webmastertools. Bukannya bertujuan untuk menentukan sitelink apa saja yang akan dimunculkan, tapi sebaliknya yaitu menyembunyikan sitelink yang tidak relevan atau tidak Anda inginkan agar tidak muncul di hasil cari Google. Yang perlu dicatat adalah, fungsi ini tidak serta merta menghapus link itu, tapi cuma menyembunyikannya dari sitelink Anda.
(tampilan lama masih dengan block)

Sitelink yang baru memiliki tambahan kriteria yang baru. Jika sebelumnya sitelink hanya berkaitan dengan popularitas link dan  struktur link template (baca: Agar SubDomain Muncul di Sitelink), sekarang Google menambahkan keterkaitan atau relevance to search term. Point terakhir fungsinya hampir sama dengan Artikel Terkait / Related Post di sidebar Anda (baca: Membuat Related Posts di Sidebar)

Sekarang, langsung saja kita belajar menerapkannya.
1. Silahkan Anda pergi ke: https://www.google.com/webmasters/tools/
2. Buka bagian Site Configuration -> Sitelinks
3. Nah, Anda akan mendapatkan isian 2 kolom:
- kolom pertama, For this search result adalah lokasi sitelink yang muncul. Kebanyakan blog memiliki sitelink pada homepagenya. Jika ingin melakukan block atau demote sitelink pada homepage (misal untuk hasil cari dengan keyword Goal.Com, Goal.Com adalah URL induk) maka kolom pertama dikosongkan saja. Namun, pada situs semisal Goal yang multibahasa, ternyata akan memilik sitelink yang berbeda-beda dengan keyword yang berbeda, misal goal.com/id-id. Jika ingin menghilangkan sitelink pada selain homepage, maka silahkan isi kolom pertama sesuai kebutuhan, misal id-id.
- pada kolom kedua, isikan URL lengkap yang ingin di turunkan/tidak ditampilkan pada sitelink.
- Jika sudah, silahkan klik Demote, menurut beberapa pakar akan effektiv setelah 100 hari.
4. Daftar URL-URL yang Anda demote akan muncul di bawahnya. Jika ingin memunculkannya kembali ke sitelink Anda, cukup klik Remove Demotion di bagian kanan.

Semoga menambah pengetahuan Anda, semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar