Mas Doyok!

Mas Doyok!

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita

Mas Doyok!


Google Dikritik Keras Soal Penghapusan .Co.Cc

Posted: 12 Jul 2011 03:12 AM PDT

Memang memprihatinkan keputusan Google untuk membuang .co.cc dari hasil cari mereka (baca: Apakah .co.cc sampai disini saja?). Selain membuat kecewa jutaan blogger, terlebih blogger blogger baru yang masih menggunakan domain gratisan, ternyata tindakan ini juga dianggap bodoh oleh para ahli keamanan internet.

Seperti kita tahu bahwa tindakan Google untuk menghapus domain secara keseluruhan baru terjadi pertama kali ini. Biasanya Google hanya block situs-situs tertentu yang jelas berbahayanya (baca: Meminimalisasi Hasil AGC dari Google).

Beberapa pakar pencarian menilai tindakan ini adalah suatu blunder,
- .Co.Cc hanyalah salah satu SLD (sub level domain) yang memberikan sumbangan besar konten jahat di Google. Meski saat ini menjadi SLD nomer satu penyumbang konten jahat, namun SLD lain seperti .co.tv, .wo.tv, .cz.cc terus berkembang dan memproduksi angka yang tak kalah besar.
- Hal ini hanyalah menjadi permulaan karena penjahat internet dapat dengan mudah berpindah ke SLD yang lain. Akhirnya penghapusan .co.cc diikuti pula dengan penghapusan .co.tv dan bukan tidak mungkin akhirnya Google melakukan sapu massal yang terkesan arogan.
- .Co.Cc tidak hanya disedikan untuk mereka yang mempublikasikan konten jahat, tapi memiliki jutaan konten bermanfaat pula.
- Dari penelitian para ahli, SLD lebih banyak digunakan sebagai domain kedua, ketiga atau bahkan hanya sebagai domain pelompat menuju TLD (top level domain)
- TLD cenderung lebih kuat daripada SLD, jadi sangat jarang sekali SLD bisa menguasai halaman Google mengalahkan TLD. Hak ini yang menyebabkan TLD masih menjadi domain favorit para penyebar konten jahat dan SLD hanyalah sebagai domain pendamping.
- Di tahun 2012, ICANN akan memperluas sistem nama domain pada TLD sehingga menyebabkan lebih banyaknya pilihan ntuk para penjahat cyber.

Menurut para pakar akan jauh lebih baik jika Google bekerja sama dengan operator TLD dalam menekan penggunaan SLD. Memberikan batasan yang lebih jelas seperti hanya memperbolehkan satu nama domain untuk satu akun dan juga penggunaan verifikasi lewat seluler seperti yang telah dikembangkan Google.

Jika hal ini dilakukan, tentu para pengguna .co.cc akan menjadi kurang lagi kebebasannya. Saat pertama kali muncul .co.cc memperbolehkan satu akun gratis untuk 4 nama domain, tahun lalu di perkecil menjadi hanya 2 nama domain. Dan untuk pembuatan sub sub domain (seperti sharing.masdoyok.co.cc, forum.masdoyok.co.cc, answers.masdoyok.co.cc) yang saat ini masih bebas mungkin akan dihilangkan untuk akun-akun gratis.

Well, tidak masalah jika memang harus ada pembatasan itu, semoga saja .co.cc kembali eksis di ranah Google...

0 komentar:

Posting Komentar